Kamis, 19 April 2018

Materi "Posting" Dalam Akuntansi

Posting adalah proses pemindahan dari jurnal ke perkiraan atau buku besar. Biasanya posting ini dilakukan setelah semua transaksi dicatat pada jurnal.

Langkah-langkah posting adalah sebagai berikut

  1. Catat tanggal transaksi pada jurnal ke dalam kolom tanggal perkiraan. 
  2. Masukkan angka transaksi pada jurnal ke perkiraan. Angka debit masukkan pada kolom debit perkiraan yang sesuai. Kemudian masukkan angka kredit pada kolom kredit perkiraan yang sesuai. 
  3. Salin nomer halaman jurnal ke dlam kolom ref perkiraan yang sesuai. 
  4. terakhir, sebagai tanda transaksi tersebut telah diposting, salin nomer perkiraan ke dalam kolom ref jurnal. Untuk memberikan gambaran langkah-langkah posting tersebut, berikut ini contohnya. 1 Mei Tn. Jojo menyetor modal sebesar 100.000 untuk memulai usaha

Untuk perkiraan modal Jojo, caranya juga sama. Hanya saja angkanya kredit. Buku besar Tuan Jojo setelah posting tampak sebagai berikut:

Pernyataan diatas berbentuk Jurnal Umum, Langkah berikutnya adalah untuk memposting nya kedalam Buku besar . dengan bentuk adalah sebagai berikut :



Oke, itu tadi adalah proses untuk posting dari Jurnal Umum ke Buku Besar. Jika ada yang kurang dimengerti dapat ditanyakan dikolom komentar. ada pepatah mengatakan "Lebih baik bertanya dari pada sesat di jalan" silahkan tanyakan masalah yang kurang jelas. Apabila ada kritik dan saran juga dapat disampaikan pada kolom komentar. Akhir kata, Terima kasih telah berkunjung sahabat Webbl..