Senin, 23 April 2018

Beberapa Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum KTSP

Mulai tahun 2013 ada Kebijakan baru mengacu pada bidang pendidikan dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia,  Itu adalah "Kurikulum 2013" atau yang dikenal dengan K-13.
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013
Berikut ini sahabat Webbl akan saya berikan beberapa kelebijhan dan kekurangan kurikulum K-13 tentang pendapat saya prinbadi. apa saja itu, ini dia :
Keunggulan kurikulum 2013
  1. Siswa akan dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pemecahan beberapa masalah yang mereka hadapi di sekolah, dengan diskusi dan bertanya lebih diutamakan.
  2. Penilaian meliputi berbagai aspek kalau kurikulum sebelumnya melihat dari nilai ulangan akhir semata, sekarang untuk kurikulum K-13 bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga dari nilai kesopanan siswa, nilai religi, praktek, sikap dan lain-lain.
  3. Memunculkan yang pendidikan berkarakter dan berbudi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam berbagai program studi selama pembelajaran.
  4. Memunculkan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan visi, misi dan harapan pendidikan nasional. Kompetensi disini menggambarkan secara holistic domain sikap, ketrampilan, dan pengetahuan.
  5. Berbagai kompetensi yang dibutuhkan untuk perkembangan seperti pendidikan karakter, metodologi pembelajaran siswa yang aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, serta usaha mandiri/kewirausahaan.
  6. Siswa diharapkan untuk sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal karena perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.terus berkembang setiap saat.
  7. Standar penilaian mengacu kepada penilaian yang komplek berbasis kompetensi seperti sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional.
  8. Pembelajaran bersifat kontekstual.
  9. Diharapkan tingkat kreatifitas seorang guru dalam mengajarkan materi akan semakin meningkat
  10. Efisiensi dalam manajemen sekolah yang diutamakan. contohnya dalam pengadaan buku, dimana buku sudah disiapkan dari pusat
  11. Ekstrakurikuler Wajib Pramuka mulai digalangkan yang dapat meningkatkan karakter siswa terutama dalam , kerjasama, kedisiplinan, saling menghargai, cinta tanah air dan lain-lain.
Kelemahan kurikulum 2013
  1. Guru banyak salah kaprah dalam mengartikan, karena beranggapan K-13 guru tidak perlu menjelaskan materi. Padahal banyak mata pelajaran yang harus membutuhkan penjelasan dari guru.
  2. Banyak guru-guru yang kurang siap secara mental dan memahami apa itu K-13 ini, 
  3. Banyak guru-guru kurang memahami konsep pendekatan scientific.
  4. Kurangnya ketrampilan beberapa guru merancang RPP.
  5. Guru banyak yang tidak menguasai penilaian autentik seperti yang diharapkan.
  6. Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini.
  7. Guru jarang dilibatkan langsung selama proses pengembangan kurikulum K 13, dan pemerintah cenderung melihat guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama dalam prosesnya.
  8. Beban dalam belajar siswa dan guru terlalu berat, sehingga waktu belajar di sekolah menjadi bertambah lama dari semestinya.
  9. Guru tidak siap dengan perubahan kurikulum yang terlalu mendadak.
  10. Tingkat keaktifan siswa belum merata sedangkan dalam pengajaran kompetensi semua siswa dianggap sama.
Dan berikut ini perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnnya yaitu KTSP
NOKURIKULUM 2013KTSP
1SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) ditentukan terlebih dahulu setelah itu baru ditentukan SI (Standar Isi)SI (Standar Isi) ditentukan terlebih dahulu, setelah itu baru ditentukan SKL (Standar Kompetensi Kelulusan)
2Kompetensi lulusan meliputi berbagai aspek soft skills dan hard skills yang meliputi penilaian pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.Lebih menekankan pada aspek pengetahuan
3Di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-VIDi jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-III
4Jumlah jam pelajaran perminggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit disbanding KTSPJumlah pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak disbanding kurikulum 2013
5Proses pembelajaran setiap tema dilakukan dengan penedkatan ilmiah yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan menciptaStandar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
6TIK tidak lagi sebagai salah satu mata pelajaran, melainkan berlaku sebagai media pembelajaranTIK sebagai mata pelajaran
7Standar penilaian menggunakan penilaian otentik yaitu mengukur semua kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasilPenilaian lebih dominan pada aspek pengetahuan
8Pramuka merupakan Ekstrakurikuler  yang wajib di ikutiPramuka tidak berlaku disekolah sebagai ekstrakulikuler.
9Penjurusan di mulai sejak awal kelas X untuk jenjang SMK/SMA/MAPenjurusan di sejak mulai kelas XI SMA/MA
10BK lebih menekankan mengembangkan potensi siswaBK lebih pada menyelesaikan masalah siswa
Nah itu tadi beberapa perbedaan antara kurikulum  yang baru 2013 dengan kurikulum sebelumnya yang berlaku KTSP . dan jika ada beberapa yang ingin ditambahkan silahkan tulis dalam kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung sahabat Webbl..